RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan : Madrasah Ibtidaiyah
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas/ Semester :
III/1
Materi pokok : اَلصَّلَوَاتُ الخَمْس
Jam Pertemuan : 2 x 35 menit
KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD(
I.
Kompetensi Inti (KI)
KI.1.Menerima
dan menjalankan ajaran agama Islam
KI.2.Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga.
KI.3.Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
KI.4.Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
II. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 peresapi
makna anugerah Allah SWT berupa bahasa Arab
2.1
Memiliki kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap keberadaan wujud benda melalui media bahasa Arab dalam berinteraksi dengan keluarga, tetangga,
teman dan guru
3.1 Mengenal bunyi mufradat terkait topik: الصلوات الخمس
3.1.1
Membedakan bunyi huruf-huruf hijaiyah yang berkaitan dengan mufradat tentang
اَلصَّلَوَاتُ الخَمْس
3.1.2 Menunjukkan bunyi huruf-huruf
hijaiyah yang berkaitan dengan mufradat tentang اَلصَّلَوَاتُ الخَمْس
4.1
Menirukan
bunyi mufradat terkait topik:
الصلوات
الخمس
4.1.1 Melafalkan mufradat tentang اَلصَّلَوَاتُ الخَمْس
dalam bahasa Arab dengan benar
4.1.2 Menyebut mufradat
tentang اَلصَّلَوَاتُ الخَمْس
dengan benar
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran maka peserta didik
mampu mengamati, menanya, mengeksplor, mengasosiasisasi, dan
mengkomunikasikan serta mampu:
a. Membedakan bunyi
huruf-huruf hijaiyah berkaitan dengan mufrodat tentang اَلصَّلَوَاتُ
الخَمْس dengan benar,
b.
Melafalkan mufradat
tentang اَلصَّلَوَاتُ الخَمْس
dalam bahasa Arab dengan benar,
c.
Menyebutkan mufradat
tentang اَلصَّلَوَاتُ
الخَمْس dengan benar
IV.
Materi Pokok
الصَّلَوَاتُ الْخَمْسُ تَتَكَوَّنُ
مِنْ




الصُّبْح
رَكْعَتَيْنِ
V.Metode Pembelajaran
(1).ceramah
(menceritakan dan menjelaskan
macam-macam sholat lima waktu dan rakaat bilangannya )
(2).diskusi
dalam bentuk the educational-diagnosis meeting artinya peserta didik berbincang
mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka
atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman
yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
VI. Sumber/ Media Pembelajaran
1.
Media:LCD, File-file Pembelajaran
2.
Sumber Pembelajaran:
Buku Siswa,
VII. Proses Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan
a).
Setelah mengucapkan salam dan berdo`a, guru mengerahkan seluruh siswa dengan
cara mengajak siswa untuk menyimpan semua peralatan belajar siswa seperti buku,
pulpen, penggaris, serta mainan dan seterusnya. Sampai siswa betul-betul siap
untuk belajar
b). Guru menyapa peserta didik kemudian guru
menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti
1.
Mengamati
·
peserta didik
mengamati gambar orang
sedang sholat berjamaah yang telah di sediakan oleh guru
·
Peserta didik menyimak ucapan
guru dan membedakan bunyi mufradat hingga tampak jelas perbedaan makhraj serta
panjang pendek bacaan dalam mengucapkan huruf-huruf Arab yang ada pada mufradat tersebut
·
Peserta didik mengamati pemakaian kosa kata tersebut dalam
kalimat.
·
Peserta didik
memperhatikan bunyi mufradat
tentang اَلصَّلَوَاتُ
الخَمْس
2.
Menanya
·
Peserta didik menanyakan kosa kata baru yang belum
diketahui maknanya yang berkaitan
dengan اَلصَّلَوَاتُ
الخَمْس
3.
Eksplorasi/eksperimen
·
Peserta didik secara perorangan untuk membaca mufradat di slide atau dalam
buku masing-masing hingga mahir, dan
mencermati huruf/tanda baca, seperti membedakan sin dengan syin, ha dengan kha,
tasydid, dan seterusnya.
4.
Mengasosiasi
·
Peserta didik
menghubungkan اَلصَّلَوَاتُ
الخَمْس dengan realitas kehidupan
sehari-hari.
·
Peserta didik
mengemukakan contoh اَلصَّلَوَاتُ
الخَمْس dengan realitas
pengalaman kehidupan sehari-hari.
5.
Mengkomunikasikan
·
Peserta didik mamapu mempresentasikan mufradat sesuai dengan makhraj dan panjang pendek
bacaan yang berkaitan dengan اَلصَّلَوَاتُ الخَمْس
Penutup
·
Guru mengahiri
proses pembelajaran dengan memberi simpulan kepada siswa tentang اَلصَّلَوَاتُ
الخَمْس
·
Guru memberi
refleksi sederhana terhadap kegiatan yang telah dilakukan
·
Guru memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
· Guru
mengajak peserta didik untuk menutup kegiatan pembelajaran dengan hamdalah, dengan ungkapan:
· هَيَّا
بِنَا نَخْتَتِم دَرْسَنَا بِالْحَمْد
XI. Penilaian
Contoh :
Rubrik penilaian
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
Penilaian
|
Total
Skor
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
|||||
Pelafalan
|
Kelancaran
|
Kosa kata
|
intonasi
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||
1.
|
AINU
WARDATUL UYUN
|
|||||||||
2.
|
ACHMAD
MAULUDDIN ARIEF
|
|||||||||
3.
|
AGUSTINA
PUTRI AYU
|
|||||||||
4.
|
DWI
MIRANDA ARIFIANA
|
|||||||||
5
|
MIKO ARDINAN SYECH
RASYID
|
|||||||||
6
|
M.
ARSI DIKA PUTRA ISLAMI
|
|||||||||
7
|
NUR
MASLUKHA
|
|||||||||
8
|
NUR
WAFIYAH
|
|||||||||
9
|
RAFI
FRANS SIQYAR
|
|||||||||
10000
|
RAGIL
EMILIA RAHMA
|
|||||||||
11
|
RIDATUL
AINIYAH
|
|||||||||
12
|
ROBI'ATUL LAILA
|
|||||||||
13
|
WAHYU DIAH SAKA P.H.
|
|||||||||
14
|
TITA
AULIA PUTRI
|
|||||||||
15
|
FAREL
FEBI ALICIA
|
Deskripsi
Aspek
Penilaian
|
Deskripsi
|
Skor
|
Pelafalan
|
Mudah
dipahami dan memiliki aksen penutur asli
|
5
|
Mudah dipahami meskipun dengan
aksen tertentu
|
4
|
|
Ada masalah pengucapan yang
membuat pendengar harus konsentrasi penuh dan kadang-kadang ada
kesalahpahaman
|
3
|
|
Sulit dipahami karena ada masalah
pengucapan, sering diminta mengulangi
|
2
|
|
Masalah pengucapan serius sehingga
tidak bisa dipahami
|
1
|
|
Kelancaran
|
Lancar seperti penutur asli
|
5
|
Kelancaran tampak sedikit
terganggu oleh masalah bahasa
|
4
|
|
Kelancaran agak banyak terganggu
oleh masalah bahasa
|
3
|
|
Sering ragu-ragu dan terhenti
karena keterbatasan bahasa
|
2
|
|
Bicara terputus-putus dan terhenti
sehingga percakapan tidak mungkin terjadi
|
1
|
|
Kosa kata
|
Menggunakan kosa kata dan ungkapan
seperti penutur asli
|
5
|
Kadang-kadang menggunakan kosa
kata yang tidak tepat
|
4
|
|
Sering menggunakan kosa kata yang
tidak tepat, percakapan menjadi terbatas karena keterbatasan kosa kata
|
3
|
|
Menggunakan kosa kata secara salah
dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami
|
2
|
|
Kosa kata sangat terbatas sehingga
percakapan tidak mungkin terjadi
|
1
|
|
Pemahaman
|
Memahami semua tanpa mengalami
kesulitan
|
5
|
Memahami hampir semuanya, walau
ada pengulangan pada bagian tertentu
|
4
|
|
Memahami sebagian besar apa yang
dikatakan bila bicara agak diperlambat walau ada pengulangan
|
3
|
|
Susah mengikuti apa yang
dikatakan.
|
2
|
|
Tidak
bisa memahami walaupun percakapan sederhana
|
1
|
a. Keterampilan
membaca nyaring.
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
Penilaian
|
Total
Skor
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
|||||
Kelancaran
|
Akurasi
|
Pelafalan
|
Intonasi
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||
1.
|
AINU
WARDATUL UYUN
|
|||||||||
2.
|
ACHMAD
MAULUDDIN ARIEF
|
|||||||||
3.
|
AGUSTINA
PUTRI AYU
|
|||||||||
4.
|
DWI
MIRANDA ARIFIANA
|
|||||||||
5
|
MIKO ARDINAN SYECH
RASYID
|
|||||||||
6
|
M.
ARSI DIKA PUTRA ISLAMI
|
|||||||||
7
|
NUR
MASLUKHA
|
|||||||||
8
|
NUR
WAFIYAH
|
|||||||||
9
|
RAFI
FRANS SIQYAR
|
|||||||||
10000
|
RAGIL
EMILIA RAHMA
|
|||||||||
11
|
RIDATUL
AINIYAH
|
|||||||||
12
|
ROBI'ATUL LAILA
|
|||||||||
13
|
WAHYU DIAH SAKA P.H.
|
|||||||||
14
|
TITA
AULIA PUTRI
|
|||||||||
15
|
FAREL
FEBI ALICIA
|
Deskripsi
Aspek
Penilaian
|
Deskripsi
|
Skor
|
Kelancaran
|
Sangat
lancer
|
4
|
Lancar
|
3
|
|
Lancar, tetapi masih tersendat
|
2
|
|
Sering tersendat
|
1
|
|
Akurasi
|
Semua ucapan dipahami
|
4
|
Sebagian besar ucapan sudah dapat
dipahami
|
3
|
|
Sebagian kecil ucapan sudah dapat
dipahami
|
2
|
|
Semua ucapan tidak dapat dipahami
|
1
|
|
Pelafalan
|
Semua ucapan benar
|
4
|
Sebagian besar ucapan benar
|
3
|
|
Sebagian kecil ucapan sudah benar
|
2
|
|
Hampir semua ucapan tidak benar
|
1
|
|
Intonasi
|
Tekanan/irama semua kata, frasa,
kalimat benar
|
4
|
Tekanan/irama sebagian besar kata
benar
|
3
|
|
Tekanan/irama sebagian kecil kata
benar
|
2
|
|
Tekanan/irama semua kata salah
|
1
|
VI.
Tugas.
|
No.
|
Tanggal/ Hari
|
Tek Bahasa Arab yang pernah di baca
selain pelajaran dan Al-Qur’an
|
Paraf
orang tua
|
Paraf Guru
|
|||
Teks
|
Terjemah
|
Kaidah
yang dapat ditemukan
|
Keterangan
sumber teks
|
||||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
Dst
|
Skor penilaian sebagai berikut.
a.
Jika peserta didik
dapat mengumpulkan tugasnya
tepat pada waktu
yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 4,00
b.
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang
ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benar, nilai 3,00
c.
Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnya setelah waktu yang
ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya sedikit ada kekurangan,
nilai 2,00
Mengetahui, Klampok, 3 Juni, 2015
Kepala
Madrasah,
Guru Bahasa Arab,
AHMAD ABI DZARRIN, S.Ag AHMAD
KHABIB, S.Pd.I
BAHAN AJAR
Mata Pelajaran : Bahasa
Arab Waktu : 2 x 35 JP
Kelas/Semester : III
( Tiga ) / I ( Gasal ) Tempat : di kelas
الصلواة
الخمس
Kompetensi
Inti
1. Menerimadanmenjalankanajaran
agama Islam
2. Menunjukkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli,
danpercayadiridalamberinteraksidengankeluarga, teman, guru, dantetangga.
3. Memahamipengetahuanfaktualdengancaramengamati [mendengar, melihat,
membaca] danmenanyaberdasarkan rasa ingintahutentangdirinya,
makhlukciptaanTuhandankegiatannya, danbenda-benda yang dijumpainya di rumah,
dan di sekolah.
4. Menyajikanpengetahuanfaktualdalambahasa yang jelas, sistematis,
danlogis, dalamkaryayang estetis,
dalamgerakan yang mencerminkananaksehat, dandalamtindakan yang
mencerminkanperilakuanakberimandanberakhlakmulia.
Kompetensi Dasar
1.1 peresapimaknaanugerah
Allah SWT berupabahasa Arab
2.1 Memilikikepeduliandan rasa
ingintahuterhadapkeberadaanwujudbendamelalui media bahasa
Arabdalamberinteraksidengankeluarga, tetangga, temandan guru
3.1 Mengenalbunyimufradatterkaittopik:
الصلوات الخمس
3.1.1 Membedakan bunyi huruf-huruf hijaiyah yang berkaitan
dengan mufradat tentang اَلصَّلَوَاتُ الخَمْس
3.1.2
Menunjukkan bunyi huruf-huruf hijaiyah
yang berkaitan dengan mufradat
tentang اَلصَّلَوَاتُالخَمْس
4.1 Menirukanbunyimufradatterkaittopik:

أمالعداد من الركعات
الصلاة السابع عشرة ركعة فتكون من:
الظهر :اربع ركعات
العصر :اربع ركعات
المغرب :ثلاث ركعات
العشاء :اربع ركعات
الصبح :ركعتان
Petunjuk Belajar
1.
Persiapkan buku bahasa arab baik LKS maupun buku tulis
2.
Perhatikan setiap guru melafalkan baik bunyi hurufnya
LANGKAH BELAJAR
1. Memperhatikan slide yang akan di
tampilkan berupa gambar sholat orang berjamaah.
2. Menyebutkan bilangan-bilangan sholat
yang lima dengan berbahasa arab.
Penilaian
LembarPenilaianKognitif
No
|
NamaSiswa
|
AspekPenilaian
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
|
Ketepatanantaramembedakan bunyi huruf
|
Ketepatandalam lelafalkan
|
||||
A
|
B
|
||||
01.
|
|||||
02.
|
|||||
03.
|
Pedomanpenilaian :1.a. Jikamembunyikan makhroj tepatsemua, skornya
3
Jikaada 1-5
makroj tidaksesuai,
skornya 2
jikaada 6-9 makhroj tidaksesuai, skornya 1
danjikasalahsemua, skornya 0,5
b. Jikamelafalkantepatsemua, skornya 3
Jikaada 1-5 pelafalan tidaksesuai, skornya 2
jikaada 6-9 pelafalantidaksesuai, skornya 1
danjikasalahsemua, skornya 0,5
2. Nilai ;∑skor yang diperolehX 100

LembarPenilaianAfektif
No
|
NamaSiswa
|
AspekPenilaian
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
||
Keaktifandansemangat
|
Tepatwaktu
|
Tertibketikamengerjakantugas
|
||||
01.
|
||||||
02.
|
||||||
03.
|
Pedomanpenilaian : 1.a.
Jikasiswaaktifdansemangatdalammengerjakan, skornya 3
Jikasiswakurangaktifdansemangatdalammengerjakan,
skornya 2
jikasiswatidakaktifdansemangatdalammengerjakan,
skornya 1
b. Jikasiswamengerjakantugaskurang 30 menit
,skornya 3
Jikasiswamengerjakantugas 30-45 menit, skornya 2
jikasiswamengerjakantugassampaibelpelajarselesai,
skornya 1
c. Jikasiswamengerjakantugasdengansangattertib
,skornya 3
Jikasiswamengerjakankurangtertib, skornya 2
jikasiswamengerjakantugastidaktertib, skornya 1
2. Nilai ;∑skor yang diperolehX 100

LembarPenilaianPsikomotor
No
|
NamaSiswa
|
AspekPenilaian
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
|
Kefasihan
|
Kelantangan
|
||||
01.
|
|||||
02.
|
Pedomanpenilaian : 1. a. Jikasiswafasih dalam mengucapkan makhroj , skornya 3
Jikasiswaagak fasih, skornya 2
Jikasiswasama sekali tidak fasih, skornya 1
b.Jika siswa lantang melafalkan mak ,skornya 3
Jikaagak lantang, skornya 2
Jikatiadak lantang, skornya 1
2. Nilai ;∑skor yang diperolehX 100

NilaiProduk KD
KKM KD : 7.0
No
|
NamaSiswa
|
AspekPenilaian
|
Jumlah
|
Nilai
( ∑skor yang diperolehX 100)
Skormaksimal
|
||
Kognitif
|
Psikomotor
|
Afektif
|
||||
01.
|
||||||
02.
|
||||||
03.
|
13. Tindak lanjut
Jikapesertadidikmampumencapainilai KKM KD,
makabisamenlanjutkanpada KD selanjutnya, danapabilatidakbisamencapai KKM KD,
makadiberitugastambahan
14. Pustaka Acuan.
Bukusiswabahasa Arab kelas 3 Kurikulum 2013
Ghulayini,
Musthafa. 1987. Jami’ al-Duruus Al-‘Arabiyah. Beirut: Mansyuuraat
al-Maktabah al-‘Ashriyah
No comments:
Post a Comment